Rabu, 08 Juli 2009

Automotif

Mengintip Sosok Ducati Setan

October 26, 2010

Mengintip Sosok Ducati Setan
GilaMotor, MILAN.- Kehadiran motor Ducati “Setan” Diavel tinggal beberapa hari lagi di gelaran IECMA di Milan, Italia. Semakin mendekati hari peluncurannya, makin banyak petunjuk yang memperlihatkan hal mengenai model terbaru ini.
Pada permulaannya Ducati telah mengumumkan secara resmi nama dari model terbaru ini, yaitu Diavel. Dalam dialek bologna, Diavel berarti Devil atau iblis. Motor ini dikabarkan akan menggunakan mesin Testastretta seperti yang digunakan pada ducati multistrada 1200. Sementara bobotnya mencapai 456 pon atau 207kg.
Seperti dilansir ducatinewstoday.com, motor ini diklaim memiliki luaran tenaga lebih dari 150bhp. Bahkan ada klaim yang menyebutkan bahwa motor ini memiliki luaran tenaga hingga160bhp. Lebih ekstrim, ada beberapa sumber yang mengklaim luaran tenaganya bisa mencapai 170bhp.
Seperti halnya Multistrada, model terbaru ini menitik beratkan pada tekhnologi terbaru, termasuk didalamnya ride by wire throttle, mode berkendara berbeda, Ducati Traction Control (DTC) dan sistem Antilock Braking System (ABS) yang menjadi fitur standar pada Ducati.
Sebagai bukti dari pengimbang performanya, kaliper brembo telah terpasang dan Ducati mengklaim motor ini dapat berdiri hingga membentuk sudut 40 drajat. Sungguh hal yang mengesankan untuk sang penjelajah.
Diperkirakan akan ada 2 model yang ditawarkan Ducati, versi standarnya akan hadir dengan harga $16,995 dan model teratas dengan bodykit carbon akan dijual seharga $19,995.
Lebih detil tentang sosok “Setan” ini akan dikabarkan Ducati pada gelaran EICMA pada awal November mendatang.

GilaMotor, MILAN.- Kehadiran motor Ducati “Setan” Diavel tinggal beberapa hari lagi di gelaran IECMA di Milan, Italia. Semakin mendekati hari peluncurannya, makin banyak petunjuk yang memperlihatkan hal mengenai model terbaru ini.

Pada awalnya Ducati telah mengumumkan secara resmi nama dari model terbaru ini, yaitu Diavel. Dalam dialek bologna, Diavel berarti Devil atau iblis. Motor ini dikabarkan akan menggunakan mesin Testastretta seperti yang digunakan pada ducati multistrada 1200 dengan bobot mencapai 456 pon atau 207kg.

Seperti dilansir ducatinewstoday.com, motor ini diklaim memiliki luaran tenaga lebih dari 150bhp. Bahkan ada klaim yang menyebutkan bahwa motor ini memiliki luaran tenaga hingga160bhp. Lebih ekstrim, ada beberapa sumber yang mengklaim luaran tenaganya bisa mencapai 170bhp.

Seperti halnya Multistrada, model terbaru ini menitik beratkan pada tekhnologi terbaru, termasuk didalamnya ride by wire throttle, mode berkendara berbeda, Ducati Traction Control (DTC) dan sistem Antilock Braking System (ABS) yang menjadi fitur standar pada Ducati.

Sebagai bukti dari pengimbang performanya, kaliper brembo telah terpasang dan Ducati mengklaim motor ini dapat berdiri hingga membentuk sudut 40 drajat. Sungguh hal yang mengesankan untuk sang penjelajah.

Diperkirakan akan ada 2 model yang ditawarkan Ducati, versi standarnya akan hadir dengan harga $16,995 atau sekitar Rp 151.5 juta dan model teratas dengan bodykit carbon akan dijual seharga $19,995 atau sekitar Rp 178.2 juta.

Lebih detil tentang sosok “Setan” ini akan dikabarkan Ducati pada gelaran EICMA pada awal November mendatang.

Penulis : Poetro Fadjar/Jay

Foto : Ducati

Cagiva Mito 125 – Motor sports sejati

itom.jpg

Cagiva Mito 125 adalah motor sport sejati buatan Italy. Merupakan versi scale down dari Ducati 916, Mito yang artinya “Mitos” menggunakan mesin dua langkah berpendingin air. hampir semua fitur yang terdapat pada moge dapat ditemui pada Cagiva Mito. Mulai dari Sasis Alumunium Deltabox, lengan ayun pisang, suspensi depan upside down dari Marzzochi hingga rem cakram depan ukuran 320 mm dan rem cakram 180 mm dari Brembo merupakan fitur standar bagi Cagiva Mito. Meski hanya bermesin 125cc Cagiva Mito dapat menghasilkan tenaga 39 hp. Sehingga bobot 136kg dan ukuran ban 110/70×17 depan dan 150/60×17 belakang bukan menjadi beban bagi Mito namun justru mempermudah Mito dalam bermanuver. Sebagai tambahan, pada tahun 1995 ketika Cagiva masih aktif dalam Grand Prix Valentino Rossi merupakan pembalap yang menggunakan Cagiva Mito di kelas 125cc. Dengan tampilan seperti ini hampir tidak ada pemilik Mito di tanah air yang melakukan modifikasi radikal pada Cagiva Mito mereka. Bahkan banyak para modifikator yang melakukan modifikasi hanya untuk meniru tampilan Cagiva Mito 125.

Kekurangan sang Mitos

Segudang fitur yang dimiliki Mito bukan berarti Mito menjadi motor yang sempurna. Untuk penggunaan harian bisa dikatakan Mito mendapat nilai merah dalam setiap kategori. Diawali dari posisi mengemudi yang terlalu merunduk, sehingga membuat pengendaranya cepat pegal, sekalipun si pengendara telah terbiasa mengendari Mito. Sebelas dua belas dengan pengendara, pembonceng malah lebih sial, berbeda dengan jok tingkat seperti pada Ninja 150 RR, jok pembonceng pada Mito hanya merupakan plastik yang dilapisi busa setebal 4mm, tidak terbayang rasanya bila melakukan peralan jauh sebagai pembonceng di atas Mito.

Beralih kepada pengendaraan, slip kopling menjadi hal biasa bagi pengendara Mito apa bila terjebak dalam kemacetan sehingga meskipun dalam kondisi berhenti sering kali gigi Mito tidak bisa dinetralkan kecuali dalam kondisi mesin mati. Parahnya apabila pengendara sering menghidup – matikan mesin maka aki Cagiva Mito yang hanya 9v akan menjadi soak dan artinya pengendara harus bergaya seperti Valentino Rossi ketika ia berusaha menghidupkan motornya setelah terjatuh, karena Mito tidak memiliki kick starter. Bayangkan jika anda harus mendorong motor seberat 136kg di tengah kemacetan hanya untuk menghidupkan mesinya.

mimito.jpg

Kalau sudah demikian bagai mana dengan konsumsi BBM ? tidak perlu kuatir, konsumsi Mito yang “hanya” butuh satu liter pertamax plus untuk menempuh jarak 10,5 km menjadikan Mito motor paling boros di kelasnya. Kalau pun jalanan lancar dan anda tidak menggeber Mito maka konsumsi BBM dapat ditekan hingga 1 liter untuk 15 km.

Lalu kenapa membeli Mito?

Kecepatan dan kepuasan! karena umumnya pemilik Mito memiliki kendaraan lain entah kendaraan roda emat atau roda dua untuk dipakai sehari hari. Kesimpulanya adalah jika anda sudah memiliki kendaraan lain untuk di gunakan sehari hari dan anda merupakan pencinta kecepatan serta punya uang sekitar 59 juta rupiah, tidak ada salahnya anda mencoba memesan Cagiva Mito untuk dipakai bertualang di akhir pekan.

Tidak ada komentar: