Rabu, 08 Juli 2009

Abaut Honda NSR

about honda NSR




NSR 150SP ini hanya beredar di wilayah Thailand dan Asia Tenggara lainnya. Diproduksi oleh Honda Asia Pacific di Thailand pada tahun 1997. Model ini (disebut juga KW6) design nya dibuat di Italy, sedangkan mesinnya dibuat di Japan. Dan di Thailand sendiri terjual 800.000 unit setahun…!!! Di Indonesia NSR150SP ini juga beredar, dan pada zamannya termasuk motor yang difavoritkan, karena disamping kuueenceng juga modelnya yang lumayan apalagi pro armnya yang sampai sekarang juga banyak yang nyari… biasaaa buat limbah modif… :D Dibandingkan dengan NSR150RR beda power cuma 2.5 HP. Di Thailand NSR150SP ini dikenal sebagai ‘Raja Jalanan’ dan juga mendominasi pada arena race seperti ‘Asean Cup’. :D

Perbedaan yang jelas antara NSR150SP dan NSR150RR terletak pada eye-catching pro arm yang sama dengan MC28 NSR 250. Ditambah lagi dengan ban belakang yang sedikit lebih lebar. Demikian juga chamber dan silencernya yang akan meningkatkan performance, namun tidak mempengaruhi emisi gas buang.

Walaupun secara teoritis top speed dapat mencapai 200 km/h, namun secara actualnya top speednya dapat mencapai 180 km/h. Oli sampingnya dapat menampung 1.5 liters dan terletak di bagian belakang dibawah sadel boncenger…!!! Bodywork NSR SP sama dengan NSR RR, yang berbeda dari sisi cat yaitu warna repsol.

Tuning untuk NSR 150SP (salah satu brand pakai Tyga performance) dilakukan antara lain dengan :

* Penggantian exhaust system set (pipe + silencer kevlar/alumunium).
* NSR150SP carburator kit

Walaupun product NSR150SP ini sudah discontinued.. namun pecinta NSR 150 SP ditanah air masih ada.. masih seliwar-seliwer walau sudah mulai jarang… :D


nSR lover


Bagi pecinta 2 stroke.. kecintaan terhadap motor ini karena… powernya yang nggak bertele-tele.. apalagi untuk cc kecil… tinggal gas betot.. tuh motor langsung ngaciiirr…!!! Yang against 2-stroke.. akan menuding bahwa… 2-stroke biang polusi.. dan menunjuk di Eropa untuk cc yang lebih besar dari 125cc.. 2 stroke udah nggak diproduksi lagi…!!! Kemudian.. repotlah.. kudu pake oli samping etc.. !!! Anyway, untuk cc kecil.. 2 stroke ini .. seeeng ada lawan.. even 4 stroke DOHC… masih payah…!!! Diantara… jajaran 2-stroke bikez… Honda NSR 500 adalah Sang Maestro.. Apa sih kelebihan NSR 500.. mari kita kupaz tuntaz disini…!!! :D

Honda NSR500 pertama kali dikeluarkan pada tahun 1984 di ajang motoGP, menggantikan Honda NS500. NS500 sendiri dikeluarkan pada awal tahun 1980-an, dan sempet menjadi juara motoGP pada tahun 1983. NS500 sendiri menggunakan engine 500cc, 2 stroke V-three, dan cuma bertahan kurang lebih 3 tahun sebelum digantikan dengan NSR500.

Tercatat 10 kali Honda NSR500 menjuarai MotoGP kelas 500cc (1984 - 2001). Diantaranya 6 kali juara berturut-turut.. (tahun 1994-1999). Prestasi ini cuma bisa dikalahkan oleh MV Agusta (17 kali juara berturut-turut) sewaktu ‘jokinya’ John Surtees, Mike Hailwood, Giacomo Agostini dan Phil Read. Japs bike lainnya…??? Lewaaaattt….!!! Yang pernah juara menggunakan NSR500 adalah sbb :

* Freddie Spencer, tahun 1985
* Wayne Gardner, tahun 1987
* Eddie Lawson, tahun 1989
* Michael Doohan, tahun 1994 - 1998 (5 kali juara)
* Alex Criville, tahun 1999
* Valentino Rossi, tahun 2001

Honda NSR500 menggunakan engine 499cc, liquid cooled, two stroke, case reed valve V-4 engine. Power yang dihasilkan dapat mencapai lebih dari 200HP. Chasis nya menggunakan twin-tube. Ban depan menggunakan ukuran 17 inch, sedangkan belakang dapat menggunakan 17 inch atau 16.5 inch. Suspensinya menggunakan product showa, depan telescopic fork sedangkan belakang menggunakan pro-link. Kapasitas tanki nih motor yaitu 32 liters, dan beratnya plus minus 130 kg. Top speed yang dapat dicapai adalah 200 mph…!!! :D

Teknologi yang diterapkan pada NSR500 di engine V4 65-70 derajat dan digunakan untuk melakukan pengapian sekaligus pada keempat cylinder, makanya disebut ‘big-bang’… dan powernya yang dihasilkan yah pas bang.. tadi yah pool-poool an… Doohan pernah cidera berat.. patah kaki.. tahun 1992.. yah gara-gara motor ini.. tapi itu cuma tahun 1992.. tahun 1994.. yah langsung ngaciiir lagi… Bahkan tahun 1997, menang 12 race dari 15 race yang diselenggarakan…!!!

Seiring dengan regulasi pada tahun 2002, bahwa diperbolehkan 4 stroke sampai dengan 990cc dan sampai 6 cylinder… perlahan tapi pasti kehadiran 2 stroke di motoGP tidaklah menjadi pilihan… akhirnya semua memilih 4 stoke daripada 2 stroke (karena powernya lebih gede…)… tapi nggak semuanya punah.. karena masih ada 125cc dan 250cc yang masih 2 stroke… !!! Walaupun sang maestro NSR500 telah punah… tetapi cucunya di Indonesia masih aza diuber-uber… apalagi kalau bukan NSR 150SP.. !!! :D

Tidak ada komentar: