Rabu, 01 Juli 2009

टिप्स दान ट्रिक कोम्पुटर

Corel Draw X3 Portable

Software Tagged , , No Comments »

Corel draw adalah software untuk menggambar/edit gambar yang cukup hebat menurutku. Banyak fitur keren yang ada di sini. Ini adalah software picture editing yang paling aku suka. Karena banyak fiturnya. Dan sekarang versi terakhir adalah versi X4 atau 14. Software ini cukup besar kalau mau download. Karena banyak fiturnya dan memang agak berat si software ini.

Kalau kita butuh corel draw, pasti males download. Apa lagi yang agak baru yaitu versi 13 atau X3. Karena filenya gedhe banget kalau kita download. Apa lagi internet kita ada quota volume per bulan dan koneksinya kebetulan agak lambat. Tapi kita butuh itu. Apa yang harus dilakukan?
Di sini aku akan share hasil downloadku dari indowebster. Tadinya sebenarnya aku melihat iklan di salah satu blog. Tapi aku lupa blog itu. Di iklan tertulis “Corel Draw X3 portable, hanya 33 MB”! Tapi aku males downloadnya. Karena dulu hostingnya di rapidshare dan aku pas tidak butuh. Jadi males lah download. Kalau tidak butuh, kenapa harus download? Jadi aku putuskan tidak download itu walaupun agak penasaran sih.
Suatu hari aku butuh. Dan aku males download. Dan teringat dulu aku pernah lihat di iklan kalau ada yang portable.
Trus aku cari deh di situs kesayanganku, indowebster. Karena di google males aku cari. Ternyata ketemu deh corel draw X3 Portable. Dan bener cuma sekitar 30an MB, Kecil banget. Dan aku download, kemudian aku buka archivenya.
Dan aku kaget setelah aku extract. Aku bertanya-tenya. Masa sih file 30an MB bisa menjadi 130an MB. Wow, dia compressnya pakai apa ya? Tapi gak masalah lah. Langsung aja aku pakai dan beneran seperti corel yang tidak portable. Tapi kalau ini cuma ada corel draw saja. Tidak ada corel photo paintnya. Tapi lumayan lah.
Yang mau download silakan klik di sini aja. Tentu saja karena portable tanpa lisensi lah. Dan sudah dicrack dan dimodify tentunya. Tapi isinya tetap sama kok. Sama persis sama corel draw X3 yang tidak portable. Langsung download dan pake tanpa install. Di mana aja bisa. Di rumah, komputer kantor, warnet, di skolah, semua bisa. Dan sekali lagi tanpa install langsung buka dan pakai deh ini. Selamat mencoba!

  • Share/Save/Bookmark

Chatting di Facebook Dengan Pidgin

facebook Tagged , , , No Comments »

Kalau di Pidgin tidak bisa untuk chatting di facebook maka itu wajar. Karena dari defaultnya saja sudah tidak bisa chatting di facebook. Tetapi ini aku tau caranya supaya di pidgin bisa chatting di facebook.
Facebook
Sebenarnya software ini aku dapat dari Forum Indoblogger. Di situ aku menemukan thread yang judulnya Facebook Chat Untuk Pidgin. Dan aku tertarik. Coba saja download. Dan bisa ternyata. Downloadnya saja untuk Windows, Linux (.deb).
Itu caranya supaya jalan, kamu harus punya dulu pidgin yang sudah terinstall di komputer. Jadi itu tidak ada pidginnya. Kalau belum punya pidgin silakan download di sini atau silakan baca dulu postingku tentang pidgin. Itu cuma semacam add-ons yang bisa membuat pidgin tetapi sangat berguna menurutku. Kita bisa chatting lebih enak menggunakan facebook. Dan tentu saja karena pidginnya gratis bin opensource, ini juga gratis bin opensource. Selamat mencoba chatting di facebook dengan pidgin!

  • Share/Save/Bookmark

Pidgin, Messenger Keren

Software Tagged , 1 Comment »

Kalau kamu belum pernah tau tentang pidgin mungkin banyak yang sama. Tetapi pidgin sangat terkenal bagi pengguna linux khususnya ubuntu karena pidgin menjadi messenger default di ubuntu. Tetapi di windows juga banyak.

Sebenarnya apa sih pidgin itu? Pidgin adalah software messenger. Messenger apa? Ini adalah universal messenger. Jadi kita bisa online di Yahoo messenger, google talk, MSN messenger, dll. Selain itu kita juga bisa online 2 account atau lebih dalam 1 messenger. Misalnya aku punya 2 yahoo id, maka dengan pidgin aku bisa online keduanya sekaligus.
Di pidgin, messenger yang tersedia adalah AIM, bonjour, gadu-gadu, GoogleTalk, Group wise, ICQ, IRC, MSN, Myspace IM, QQ, SILC, SIMPLE, Sametime, XMPP, dan Yahoo. Tetapi yang paling sering digunakan adalah yahoo messengernya. Dan semua itu bisa online sekaligus dan berapapun account yang dimiliki bisa online sekaligus. Praktis dan mudah.
Tampilannya memang biasa saja sih. Tetapi simple banget deh. Tidak seperti YM yang tampilannya wah, tampilan pidgin cuma polos dan biasa saja. Tetapi karena itulah aku suka ini.
Software ini OpenSource bin Gratis. Jangan khawatir deh bayar. Ada juga versi portablenya. Ada juga versi yang sudah ditambah facebook chat. Pokoknya ini keren abis deh. Sip lah menurutku. Aku juga pakai ini kok.
Kalau mau download pidgin silakan download di http://www.pidgin.im/download/ dan yang pasti gratis lah. Selamat mencoba dengan IM baru!
Oh ya, sekarang pidgin baru eror. Entah kenapa YMnya tidak bisa online. Tetapi tenang saja. Dengan mengganti settingan pas kamu add account di tab advanced, yang page servernya yang default scs.msg.yahoo.com kamu ganti dengan cn.scs.msg.yahoo.com dan semua masalah beres.

  • Share/Save/Bookmark

Virus di Linux

Linux Tagged , , 2 Comments »

Jika berpikir bahwa di linux tidak ada virus, maka kamu salah. Karena sebenarnya di linux ada virusnya juga seperti windows. Kalau di windows virusnya saat ini sudah lebih dari 2.200.000 (Kaspersky Lab), kalau linux virusnya juga lumayan sih.
windows vs linux
Saat ini bersmber dari Kompas Tekno saat ini tercatat ada :
Trojan : 2 Jenis
Virus : 22 Spesies
Worm : 11 Ekor
Cukup banyak kan? Tapi kalau kamu mendapatkan virus itu berarti kamu adalah orang beruntung karena itua adalah hal langka. Itu saja sudah hampir punah karena tidak menyebar dan mungkin ada beberapa yang lenyap dan tidak ada lagi.
Untuk mencegah itu tidak ada salahnya kalau pakai antivirus. Tetapi itu kalau kamu bekerja di kantor yang sangat penting sekali. Tetapi kalau aku di rumah, pakai antivirus males banget. Boros energi karena mungkin 5%-25% performance komputerku hanya untuk antivirus saja. Jadi boros energi kan? Recomended buat para pecinta alam, jangan pakai antivirus deh kalau punya komputer deh.
Virus di linux kalau kam mendapatkannya bisa menghubungi aku deh. Aku minta ah. Bisa nyebarin ke komputer temen yang pakai linux. Soalnya di linux pasti tidak ada antivirusnya. Oke!!!

  • Share/Save/Bookmark

Bahasa Rahasia Facebook

Internet, facebook Tagged , , , , , , , 5 Comments »

Jika bosan dengan faceboook, mungkin ini bisa membuat tidak bosan bermain facebook. Karena beneran deh ini gokil banget.
Jika kita basa menggunakan bahasa inggris di facebook, tidak ada salahnya kita bermain bahasa. Saat aku membuka pengaturan bahasa di facebook, aku menemukan bahasa namanya English (pirate). Itu kan bajak laut? Dan aku coba pakai bahasa itu karena kan english, jadi mungkin tidak terlalu bingung.
Setelah aku coba, wow!!! Gokil!!! Bahasanya sih tetap bahasa inggris, tetapi istilahnya semua berbeda. Ini aku tulis list yang menurutku gokil :
1. Home = Home Port
2. Profile = Me
3. Old Posts = Raminisce On Old Seas
4. Recent Added Friends = Fresh Blood
5. Notes = Treasure maps
6. Friend Finder = Recruit Mateys
7. Info = Captain’s Logs
8. Logout = Abandon Ship
9. Like = Arrr, this be pleasin’ to my eye
10. Inbox = Bottle o’ messages
Dan masih banyak lagi deh yang gokil-gokil kaya gitu. Aku pertama kali mencoba bisa ketawa ketiwi sendiri karena emang lucu menurutku. Tidak ada salahnya mencoba karena ini memang seru menurutku. Kalau bingung tinggal ganti lagi jadi bahasa iggris atau indonesia deh. Lucu dan Gokil abisssss,,,,,,

  • Share/Save/Bookmark

Belajar Mengetik Cepat 10 Jari

Software, Tips dan Trik Tagged , , , , No Comments »

Jika ingin belajar mengetik cepat 10 jari, maka sepertinya susah kalau belajar sendiri. Apa lagi kita baru membeli komputer. Dan ingin segera bisa mengetik cepat.
Kalau begitu saya akan kasih tau software buat belajar mengetik cepat dengan aturan internasional mengetik. Nama softwarenya adalah Typing Master.
Photobucket
Dengan software ini, kamu bisa belajar mengetik dengan 10 jari dan tentunya aturan internasional. Ada beberapa tahapan. Dari tahap awal, aturan-aturan menulis, jari-jari ditempatkan di mana, dll. Di sini juga ada semacam test menulis sehingga kita bisa menguku kecepatan menulis dan kebanyakan kesalahan di huruf/karakter apa. Ada juga game mengetik. Jadi seru lah software ini buat pengetik pemula.
Software ini juga bisa bikin semacam lisensi bahwa kamu telah lulus tes mengetik di typing master gitu. Jadi kalau kamu mau daftar di perusahaan atau mau kerja ini bisa juga berguna. Menandakan kalau kamu nulisnya cepet.
Aku belajar pakai software ini cuma sekitar 2 minggu sudah bisa nulis cepet lho! Tanpa lihat keyboard. Tapi memang perlu latihan sih. Tapi kalau apa yang dikatakan typing master kamu lakukan, beneran bisa jadi cepet lah nulisnya.
Softwarenya kamu bisa download di sini. Itu sudah ada keynya di readme. Kalau kamu tidak memasukkan keynya, cuma bisa sampai tahap 3 saja. Silakan download dan belajarlah mengetik!

  • Share/Save/Bookmark

Menjalankan Software Windows di Linux dan Mackinthosh

Software Tagged , , , , , 1 Comment »

Jika kita menggunakan operateing system linux atau mackinthosh kendala utama kita ragu menggunakannya adalah softwarenya sedikit. Memang sih softwarenya sedikit. Tetapi tahukah bahwa sekarang sudah ada software di linux dan mackinthosh yang bisa membuat linux dan mackinthosh bisa menjalankan software windows. Nama software itu adalah WINE (windows emulator).
Photobucket
Software ini free. Bahkan malah open source. WINE bisa didownload di www.winehq.org. Kalau linux di add/remove applications sudah ada kalau mau install otomatis.
Ini bukan lah seperti windows virtual di virtual box atau seperti gameboy, tetapi program ini seakan-akan menginstall sistem windows di komputer kita. Jadi di hard disk kita ada file-file yang ada di windows. Kalau kita ingin membuka software windows ya tinggal klik kanan, lalu klik open with wine windows loader. Dan kita bisa install di komputer kita. Karena WINE juga membuat seperti kalau di windows C:\\Program Files.
Menurutku WINE adalah software yang recomended banget deh menurutku. Tetapi memang tidak sempurna 100% seperti dijalankan di windows, tetapi ya 90%-100% sama lah.
Maka tidak usah ragu-ragu menggunakan OS linux atau Mackinthosh hanya karena software sedikit. Karena semua software windows sekarang bisa di jalankan di linux dan mackinthosh.

  • Share/Save/Bookmark

Cara Mendapatkan CD Linux Ubuntu Gratis

Internet, Software Tagged , , , 2 Comments »

Akhirnya CD linux Ubuntu 9.04 yang aku pesan dari shipit datang juga. Ada tukang pos datang dan minta biaya Rp. 9.000. Lumayan mahal sih, karena temanku pesan katanya cuma Rp. 3.000 tapi tidak masalah. Di dalamnya hanya ada 1 CD ubuntu + Tempatnya dan ada 4 stiker ubuntu.
Nah bagi yang ingin memesan, gampang caranya. Cuma masuk saja ke shipit.ubuntu.com. Kalau belum daftar, silakan daftar dulu. Kalau sudah daftar kalau mau pesan tinggal pesan saja.
Ubuntu dan Kubuntu
Isi formulir di situ. Kamu isi nama lengkap, organisasi, alamat, kabupaten, propinsi, negara, kode pos, dan nomer telfon dengan lengkap. Kemudian tunggu beberapa hari sampai pesananmu diterima. Kalau sudah diterima, tinggal tunggu saja tukang pos datang ke rumah membawa CD pesananmu. Kalau punyaku sampai dengan selamat dalam waktu sekitar 2 minggu setelah diacept.
Selain ubuntu, ada juga linux lain yang bisa gratis dipesan. Yaitu kubuntu. Bedanya hanya kalau ubuntu adalah gnome, kalau kubuntu adalah KDE saja desktop enviromentnya. Perbedaan lain hanya ada di tampilan. Kalau mau pesan kubuntu juga di shipit.kubuntu.com Tapi kebanyakan sama kok.
Silakan yang ingin memesan cepat-cepat saja. Karena sampainya agak lama, sekitar 2-4 minggu lah. Dan kalau mesen saranku 2 sekaligus. Maksudnya ubuntu dan kubuntu saja. Lumayan buat koleksi CD.

  • Share/Save/Bookmark

Domain Gratis .uni.cc

Internet Tagged , , , 6 Comments »

Kalau dulu sudah tahu domain gratis .co.cc dan co.tv sekarang ada lagi domain gratis .uni.cc yang menurutku keren. Dari namanya emang sih keren .co.cc atau .co.tv tetapi, kedua domain itu walaupun katanya gratis, tetapi kan cuma tahun pertama saja. Tahun selanjutnya bayar kan. Domain ini bisa full DNS control, gak seperti .tk yang cuma redict aja, tetapi redict juga bisa. Bisa juga untuk google sites.
Tatapi kalau domain .uni.cc ini beneran gratis lah selamanya. Tapi ada syaratnya. Yaitu memasang widget .uni.cc selamanya juga. Tapi bagiku tidak masalah karena widget ini cuma berupa gambar kecil sekali yang tidak mengganggu. Jadi menurutku tidak masalah lah pasang widget ini yang penting gratisan. Tapi kalau kita tidak masang widget ini selama 3 bulan saja, sudah pasti domain kita akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tanpa ampun. Jadi jangan main-main deh sama widget ini. Turutin aja peraturannya. Lihat deh ini widgetnya Register your domain name at UNI.CC
Kekurangannya adalah satu account hanya bisa mendaftar 1 domain saja. Jadi kalau butuh 2 domain ya daftar lah 2 account. Trus homepagenya menurutku menjijikkan dan kurang keren kalo dibandingkan dengan co.cc dan co.tv lah. Namanya juga kurang elite, uni.cc waw. Lebih bagus co.cc sama co.tv deh kalau soal namanya menurutku. Tapi karena servicenya nyenengin maka aku seneng deh di sini. Sekarang dari co.tv aku beralih ke lain hati menuju uni.cc aja ah. Sory .co.tv,,, dada!!! Tapi aku juga males blogging pakai domain sendiri. Mending blogging di mediaqu deh. Aku daftar di situ cuma biar domainku (bagosbanget.uni.cc) gak didaftarin oleh orang lain.
Selamat daftar deh di sana. Daftarnya juga gak ribet banget kok. Sip lah uni.cc menurutku.

  • Share/Save/Bookmark

Situs-Situs Besar Diblok di Cina

Software Tagged , 2 Comments »

Situs-situs besar di dunia diblok oleh pemerintah Cina. Sebenarnya ini sudah lama sih, tetapi aku baru tahu sekarang. Memang Cina adalah negara komunis yang tertutup. Dan rakyatnya juga ditutup dari dunia luar oleh pemerintahnya sendiri dengan mengeblok situs-situs besar dunia.
Sebenarnya aku kaget melihat situs http://www.greatfirewallofchina.org/test/. Kenapa kaget? Karena ada google.com di situ. Keren gak? Padahal google adalah situs yang paling banyak digunakan untuk mencari informasi setidaknya di Indonesia lah. Kemudian aku coba search facebook di sana. Dan wow, ternyata facebook diblok juga. Padahal facebook menempati urutan pertama situs paling banyak dikunjungi di Indonesia oleh Alexa.com lho. Situs-situs besar yang diblock adalah friendster, myspace, youtube, wikipedia, yahoo, bebo, twitter, hotmail, wordpress.com, blogspot, dll. Gimana caranya cari info di sana?
Entah kenapa diblok aku tidak tahu. Tetapi yang penting mediaqu.com tidak diblock karena aku search tidak ada. Untuk mengetahui websitemu diblok atau tidak coba deh search di http://www.greatfirewallofchina.org/search/. Semoga websitemu tidak diblok oleh Cina ya! Bersyukurlah kamu hidup di Indonesia karena Indonesia Merdeka dalam berinternet. Merdeka!!!

  • Share/Save/Bookmark

Tidak ada komentar: