Senin, 29 Juni 2009

RGV 250 vs NSR 250 R

Suzuki RGV250 vs Honda NSR 250R

Jawara tahun 1990an – Its 2 Stroke era Mite !

Di era tahun 1990an dimana kepopuleran motor 2 tak masih berada setara dengan motor 4 tak, bahkan bagi kalangan muda yang termasuk di dalam kategori speed Freak, motor 2 tak dianggap jauh lebih bergengsi dibanding motor 4 tak. Bahkan pasaran motor di tanah air waktu itu justru didominasi oleh motor dua tak seperti Yamaha F1ZR, RZR 135, Suzuki Tornado, RGR150 hingga NSR 150. tetapi hal tersebut juga didorong dengan kondisi ekonomi Indonesia yang betul-betul baik shingga waktu itu kadang performanc + Fahion menjadi segala galanya.

Top of the Top adalah RGV250 dan Honda NSR 250

Mungkin kini top of the line speda motor dipegang oleh dinasit Ducati 1098R, Yamaha R1SP atau Suzuki GSXR 1000. tetapi semua motor tersebut bermesin 4 tak. Tetapi pada era tahun 1990an dimana performa motor 4 tak tidak segarang sekarang maka motor 2 tak tetap menjadi pilihan utama. Dari sekian banyak motor 2 tak, hanya ada 2 motor yang pantas disebut Raja 2 Tak, yaitu Suzuki RGV250 dan Honda NSR250.

Sekilas Honda NSR 250

  • Bobot : 138 kg
  • Mesin : twin 250cc Liquid Cooled
  • Tenaga : 48hp/ 9000 rpm
  • Torsi : 33nm / 8200 rpm

Dengan bobot yang hanya 138 kg motor buatan Honda tersebut mampu memproduksi tenaga yang terbilang sangat besar apalagi mengingat mesinya hanya 250cc. Dengan suspensi pro-arm dan kenalpot yang terletak di kanan kiri penampilan Honda NSR 250 ini bak mengendarai motor HB Honda besutan Ralf Waldman. Sayang Honda menghentikan produksi motor ini pada tahun 1999.

Sekilas Suzuki RGV250 Gamma

  • Bobot : 128 kg
  • Mesin : twin 250cc Liquid Cooled
  • Tenaga : 68hp/ 9500 rpm
  • Torsi : 53nm / 8750 rpm
  • Motor buatan Suzuki ini diproduksi antara tahun 1987-1997. Motor ini menjadikan motor 2 tak lainya bak seekor kura kura tua nan lamban. Bayangkan motor ini hanya berbobot 128 kg atau masih lebih ringan 7 kg dibandingkan Cagiva Mito 125. Tenaga motor yang terbilang tidak wajar tersebut berimbas pada penghentian produksinya dikarenakan tenaga motor yang terlalu besar. Walau demikian mesin RGV Gamma tersebut diadopsi oleh aprilia hingga tahun 2003. Jadi jangan heran jika mesin Aprila RS250 begitu perkasa.

    Kini Jawara 2 Tak Tinggal Kenangan ?

    Kini baik Suzuki RGV250, Honda NSR250 maupun Aprilia RS250 sudah tidak diproduksi baik dengan alasan keamanan maupun regulasi Euro III. Tetapi buat penggemar motor dua tak tidak perlu kuatir karena meski sedikit masih tersisa beberapa motor dua tak dengan performa dahsyat yang masih diproduksi dan bahkan diperbaharui. Motor tersebut antara lain Aprilia RS 125 R (2007), Cagiva Mito Revo (2008) maupun Kawasaki Nija ZX 150. Dua nama pertama mampu meledakan tenaga sebesar 39hp.

    Tidak ada komentar: